Ristek Muslim adalah sebuah singkatan yang kepanjangannya adalah Riset Teknologi Muslim. Pemunculan ide dengan nama Ristek Muslim ini berawal dari sebuah perkumpulan mahasiswa muslim dari beberapa perguruan tinggi (ITS dan STIKOMP) yang mengambil jurusan di bidang Teknologi Informasi. Ristek Muslim mulai dibentuk pada tahun 2009, yang tujuannya adalah untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi teknologi informasi yang memuat konten-konten Islami untuk keperluan Dakwah. Karena adanya semangat dari para mahasiswa muslim untuk ikut mengambil bagian dalam bidang dakwah, sesuai dengan tataran keilmuan yang dimilikinya.

Pada awal perjalanan tahun pertama, diwujudkanlah sebuah website ristekmuslim.com dan beberapa proyek-proyek IT yang sudah di agendakan ke depannya. Alhamdulillah proyek pertama yang berhasil di luncurkan adalah aplikasi sms gateway yang bisa dimanfaatkan sebagai media sms broadcast untuk informasi dakwah dan pengiriman sms-sms tausiah. Produk pertama tersebut dinamai dengan TSC - Thaybah SMS Center, yang alhamdulillah sampai saat ini masih terus dimanfaatkan untuk kepentingan dakwah. 

Hari berganti minggu, minggu berganti bulan, bulan berganti tahun dan seiring dengan perjalanan waktu, beberapa di antara para anggota ristek muslim sudah mulai di sibukkan dengan tugas akhir di kampus. Sehingga pada akhirnya proyek-proyek ristek muslim banyak yang terhenti sebelum akhirnya bisa menciptakan produk-produk IT dengan konten Islami yang lainnya. Dan pada akhirnya ristek muslim pun vakum yaitu pada tahun 2010-an, karena tidak ada regenarasi dan pengelolaan komunitas yang kurang baik.

Pada awal tahun 2012, beberapa anggota ristek muslim yang masih bertahan yaitu Susilo Prasetyo alumni tahun 2010 dari Teknik Informatika PENS-ITS (Sekarang PENS) dan Rama Catur alumni tahun 2011 dari Sistem Informasi ITS berinisiatif untuk mengaktifkan kembali ristek muslim. Berawal dari inisiatif dan semangat serta tekad yang kuat tersebut, akhirnya ristek muslim di sulap menjadi sebuah perusahaan. Bermodalkan semangat dan tekad yang kuat, Ristek Muslim-pun telah berubah statusnya dari sebuah komunitas menjadi sebuah Perusahaan Besar yang bergerak di bidang IT.

Setelah menjelma menjadi sebuah perusahaan, maka Ristek Muslim pun berusaha untuk eksis membangun peradaban berbasiskan Teknologi Informasi yang canggih. Dan InsyaAllah tujuan awal didirikannya ristek muslim tidaklah berubah, yakni menjadi salah satu inovator untuk menciptakan produk-produk IT yang bisa bermanfaat dan mendukung untuk kegiatan dakwah. Untuk keberlangsungan operasional dari Ristek Muslim sendiri, maka Ristek Muslim juga berusaha menciptakan pruduk dan jasa di bidang IT yang solutif dan inovatif bagi para konsumen / masyarakat luas pada umumnya, pemerintah, dan perusahaan-perusahaan lain yang membutuhkan aplikasi teknologi informasi.